Survei: Berlibur ke luar kota lebih diminati ketimbang “staycation”

Survei: Berlibur ke luar kota lebih diminati ketimbang “staycation”

Menurut survei yang dilakukan oleh sebuah lembaga riset terkemuka, ternyata berlibur ke luar kota lebih diminati oleh masyarakat Indonesia daripada melakukan “staycation”. “Staycation” sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan liburan di dalam kota atau di sekitar rumah tanpa harus bepergian jauh.

Dalam survei tersebut, sebanyak 70% responden menyatakan bahwa mereka lebih memilih untuk berlibur ke luar kota ketimbang melakukan “staycation”. Alasan yang paling sering disebutkan adalah ingin menjelajahi tempat baru dan mengalami pengalaman yang berbeda dari rutinitas sehari-hari.

Selain itu, berlibur ke luar kota juga dianggap sebagai cara yang lebih efektif untuk melepaskan diri dari stres dan kepenatan. Dengan mengunjungi tempat-tempat baru dan menikmati keindahan alam, masyarakat merasa dapat merelaksasikan pikiran dan tubuh mereka.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa “staycation” juga memiliki daya tariknya sendiri. Beberapa responden menyatakan bahwa mereka lebih memilih untuk beristirahat di rumah atau menghabiskan waktu di sekitar kota karena alasan keterbatasan waktu dan biaya.

Meskipun demikian, survei ini menunjukkan bahwa minat masyarakat Indonesia untuk berlibur ke luar kota masih lebih tinggi dibandingkan dengan “staycation”. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki dorongan yang kuat untuk menjelajahi tempat-tempat baru dan mengisi waktu luang mereka dengan pengalaman yang berkesan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa berlibur ke luar kota masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia ketika ingin menghabiskan waktu liburan mereka. Meskipun “staycation” juga memiliki daya tariknya sendiri, namun tidak dapat menyaingi kepuasan yang didapat dari menjelajahi tempat baru dan mengalami hal-hal yang berbeda dari rutinitas sehari-hari.