Paparan cahaya terang di malam hari tingkatkan risiko terkena diabetes

Paparan cahaya terang di malam hari dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes, menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti. Penelitian ini menunjukkan bahwa paparan cahaya terang di malam hari dapat mengganggu ritme alami tubuh dan mengganggu produksi hormon insulin, yang dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes.

Studi ini menunjukkan bahwa paparan cahaya terang di malam hari dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh, yang merupakan jam biologis internal yang mengatur berbagai fungsi tubuh seperti tidur, metabolisme, dan produksi hormon. Ketika ritme sirkadian terganggu oleh paparan cahaya terang di malam hari, hal ini dapat mengganggu produksi hormon insulin, yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang tinggal di daerah dengan paparan cahaya terang di malam hari yang tinggi memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Hal ini menunjukkan pentingnya untuk membatasi paparan cahaya terang di malam hari dan memastikan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan metabolik dan mencegah risiko diabetes.

Untuk mengurangi risiko terkena diabetes akibat paparan cahaya terang di malam hari, para ahli menyarankan untuk membatasi penggunaan gadget elektronik sebelum tidur, menggunakan penutup mata atau tirai yang gelap untuk menghalangi cahaya dari luar ruangan, dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan gelap. Selain itu, menjaga pola tidur yang teratur dan sehat juga dapat membantu menjaga kesehatan metabolik dan mencegah risiko diabetes.

Dengan meningkatnya kesadaran akan dampak paparan cahaya terang di malam hari terhadap kesehatan, penting bagi kita untuk memperhatikan lingkungan tidur dan pola tidur kita untuk menjaga kesehatan metabolik dan mencegah risiko diabetes. Dengan melakukan perubahan kecil dalam kebiasaan tidur dan lingkungan tidur, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah risiko penyakit yang serius seperti diabetes.