IDAI rekomendasikan anak banyak konsumsi buah saat polusi udara tinggi

Organisasi Kesehatan Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan kepada orangtua untuk memberikan anak-anak mereka makanan yang kaya akan antioksidan, terutama buah-buahan, saat tingkat polusi udara tinggi.

Polusi udara merupakan masalah serius yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama pada anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya masih dalam tahap perkembangan. Polusi udara dapat menyebabkan gangguan pernapasan, alergi, infeksi saluran pernapasan, dan bahkan penyakit jangka panjang seperti asma.

Dalam menghadapi polusi udara, IDAI menyarankan agar anak-anak mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan antioksidan seperti blueberry, strawberry, raspberry, blackberry, kiwi, jeruk, mangga, dan anggur. Antioksidan dalam buah-buahan tersebut dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi udara.

Selain itu, IDAI juga menyarankan agar anak-anak mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, stroberi, paprika, dan brokoli. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan melindungi mereka dari efek negatif polusi udara.

Selain mengonsumsi buah-buahan dan makanan kaya antioksidan, IDAI juga menyarankan agar anak-anak tetap terhidrasi dengan cukup. Minum air yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat-zat berbahaya yang masuk melalui udara yang tercemar.

Dengan memberikan pola makan sehat yang kaya antioksidan dan vitamin C, orangtua dapat membantu melindungi anak-anak dari dampak polusi udara yang tinggi. Selain itu, IDAI juga mengingatkan agar orangtua selalu memantau kesehatan anak dan segera membawanya ke dokter jika mengalami gejala yang mencurigakan akibat polusi udara. Semoga dengan perhatian dan perawatan yang tepat, anak-anak dapat tetap sehat dan terlindungi dari dampak negatif polusi udara.